Skripsi PTK


BAB  I
PENDAHULUAN


1.    Latar Belakang

Kegiatan belajar mengajar yang berhasil dicerminkan oleh siswa dalam bentuk nilai hasil belajar setiap mata pelajaran. Peningkatan motivasi hasil belajar dapat dilihat dari nilai hasil belajar. Pada semester ke I (satu) Tahun Pelajaran 2009/2010 belum mencapai ketuntasan belajar yang ditetapka oleh sekolah , hal ini disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran yang belum tepat pada pembelajaran. dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan penggunaan metode sangat berpengaruh terhadap keberhasilan proses pembelajaran itu sendiri.
 Hasil ulangan mata pelajaran IPA kelas V dari 3 kali ulangan harian menunjukan menurunnya hasil belajar siswa. Dari data yang ada hanya 10 orang dari 30 siswa di kelas V yang hasil belajarnya mencapai 70 % ke atas. Dari hal tersebut di atas penulis perlu melakukan Penelitian Tindakan Kelas dengan tujuan ingin peningkatan penguasaan hasil belajar khususnya mata pelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditentukan.untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

2.    Identifikasi Masalah

Dalam 3 kali tes formatif yang dilaksanakan, hanya 10 orang dari 30 siswa di kelas, yang nilai hasil belajarnya menurun mencapai 70 % ke atas pada mata pelajaran IPA dan selama proses pembelajaran berlangsung jarang siswa yang mengajukan pertanyaan atau memberikan tanggapan terhadap penjelasan guru. Atas dasar tersebut di atas penulis meminta bantuan teman sejawat dan supervisor untuk mengidentifikasi kekurangan dari pembelajaran yang dilaksanakan.

Dari hasil diskusi dengan teman sejawat dan supervisor terungkap beberapa masalah yang terjadi dalam pembelajaran antara lain :
a.       Siswa tidak dapat menjawab pertanyaan guru.
b.      Kurangnya motivasi belajar dari guru.
c.       Ada anak yang tidak dapat menyelesaikan tugas.
d.      Beberapa anak lamban menyelesaikan tugas.
e.       Siswa tidak dapat menjawab pertanyaan dengan benar.



1.      Analisis Masalah

Melalui dengan teman sejawat dan supervisor diketahui bahwa faktor penyebab menurunya penguasaan materi pelajaran yang diajarkan adalah :
a.       Penyampaian materi pelajaran terlalu cepat.
b.      Penyampaian materi pelajaran terlalu abstrak
c.       Penggunaan metode mengajar yag kurang tepat
d.      Menurunya perhatian siswa
e.       Penyampaian materi pelajaran kurang rinci
f.       Pemberian tugas jarang dilakukan

B. Rumusan Masalah

Dengan memperhatikan latar belakang di atas, maka permasalahan pada penelitian ini adalah :
“Apakah dengan menggunakan metode Dem onstrasi  dapat meningkatkan minat belajar IPA pada siswa kelas V SDN 2 Bumi Nabung Utara Kecamatan Bumi Nabung ?”.untuk itu penulis membuat langkah-langkah perbaikan sebagai berikut :
1.      Membuat Rencana Perbaikan Pembelajaran dengan menyusun Rencana Pembelajaran 1 (RP 1) mata pelajaran IPA kelas V:”Penggunaan metode eksperimen untuk meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas V di SDN 2 Bumi Nabung Utara Kecamatan Bumi Nabung”.
2.      Meminta bantuan teman sejawat  guru SDN 2 Bumi Nabung Utara Kecamatan Bumi Nabung Kabupaten Lampung Tengah untuk mengamati proses pembelajaran dalam melaksanakan  perbaikan pembelajaran
     3.   Menentukan tahapan-tahapan pelaksanaan perbaikan

Siklus    I
     -    Memperesiapkan rencana perbaikan memilih sumber dan bahan
     -    Menentukan metode pembelajaran yang tepat dengan materi pembelajaran
     -    Membuat lembar observasi kegiatan  siswa
     -    Menetapkan waktu pelaksanaan dan menganalisa hasil pembelajaran

Siklus    II
     -   Menetapkan hal-hal yang akan diperbaiki
     -   Menyusun rencana perbaikan pembelajaran
     -   Menentukan metode pembembelajaran
     -   Menentukan strategi perbaikan pembelajaran
     -   Menganalisis data hasil pembelajaran

0 komentar:

Posting Komentar