Skripsi PTK
|
BAB I
PENDAHULUAN
1.
Latar Belakang
Kegiatan belajar mengajar yang berhasil dicerminkan oleh siswa dalam
bentuk nilai hasil belajar setiap mata pelajaran. Peningkatan motivasi hasil
belajar dapat dilihat dari nilai hasil belajar. Pada semester ke I (satu)
Tahun Pelajaran 2009/2010 belum mencapai ketuntasan belajar yang ditetapka
oleh sekolah , hal ini disebabkan oleh penggunaan metode pembelajaran yang
belum tepat pada pembelajaran. dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan
penggunaan metode sangat berpengaruh terhadap keberhasilan proses
pembelajaran itu sendiri.
Hasil ulangan mata pelajaran IPA
kelas V dari 3 kali ulangan harian menunjukan menurunnya hasil belajar siswa.
Dari data yang ada hanya 10 orang dari 30 siswa di kelas V yang hasil
belajarnya mencapai 70 % ke atas. Dari hal tersebut di atas penulis perlu
melakukan Penelitian Tindakan Kelas dengan tujuan ingin peningkatan penguasaan
hasil belajar khususnya mata pelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran
yang telah ditentukan.untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
2. Identifikasi Masalah
Dalam 3
kali tes formatif yang dilaksanakan, hanya 10 orang dari 30 siswa di kelas,
yang nilai hasil belajarnya menurun mencapai 70 % ke atas pada mata pelajaran
IPA dan selama proses pembelajaran berlangsung jarang siswa yang mengajukan
pertanyaan atau memberikan tanggapan terhadap penjelasan guru. Atas dasar
tersebut di atas penulis meminta bantuan teman sejawat dan supervisor untuk
mengidentifikasi kekurangan dari pembelajaran yang dilaksanakan.
Dari hasil diskusi
dengan teman sejawat dan supervisor terungkap beberapa masalah yang terjadi
dalam pembelajaran antara lain :
a.
Siswa tidak dapat menjawab pertanyaan guru.
b.
Kurangnya motivasi belajar dari guru.
c.
Ada anak yang tidak dapat
menyelesaikan tugas.
d.
Beberapa anak lamban menyelesaikan tugas.
e.
Siswa tidak dapat menjawab pertanyaan dengan benar.
1.
Analisis Masalah
Melalui dengan teman
sejawat dan supervisor diketahui bahwa faktor penyebab menurunya penguasaan
materi pelajaran yang diajarkan adalah :
a.
Penyampaian materi pelajaran terlalu cepat.
b.
Penyampaian materi pelajaran terlalu abstrak
c.
Penggunaan metode mengajar yag kurang tepat
d.
Menurunya perhatian siswa
e.
Penyampaian materi pelajaran kurang rinci
f.
Pemberian tugas jarang dilakukan
B.
Rumusan Masalah
Dengan
memperhatikan latar belakang di atas, maka permasalahan pada penelitian ini
adalah :
“Apakah dengan
menggunakan metode Dem onstrasi dapat
meningkatkan minat belajar IPA pada siswa kelas V SDN 2 Bumi Nabung Utara Kecamatan Bumi Nabung ?”.untuk itu penulis
membuat langkah-langkah perbaikan sebagai berikut :
1.
Membuat Rencana Perbaikan Pembelajaran dengan menyusun
Rencana Pembelajaran 1 (RP 1) mata pelajaran IPA kelas V:”Penggunaan metode
eksperimen untuk meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas V di SDN 2 Bumi
Nabung Utara Kecamatan Bumi Nabung”.
2.
Meminta bantuan teman sejawat guru SDN 2 Bumi Nabung Utara Kecamatan Bumi
Nabung Kabupaten Lampung Tengah untuk mengamati proses pembelajaran dalam
melaksanakan perbaikan pembelajaran
3. Menentukan tahapan-tahapan pelaksanaan perbaikan
Siklus I
- Memperesiapkan rencana perbaikan memilih
sumber dan bahan
- Menentukan metode
pembelajaran yang tepat dengan materi pembelajaran
- Membuat lembar observasi kegiatan siswa
- Menetapkan waktu pelaksanaan dan
menganalisa hasil pembelajaran
Siklus II
- Menetapkan hal-hal yang akan diperbaiki
- Menyusun rencana
perbaikan pembelajaran
- Menentukan metode pembembelajaran
- Menentukan strategi perbaikan pembelajaran
- Menganalisis data hasil
pembelajaran
|
0 komentar:
Posting Komentar