Laporan PKP UT


BAB  I.
  PENDAHULUAN


1.    Latar Belakang

Kegiatan belajar mengajar yang berhasil dicerminkan oleh siswa dalam bentuk nilai hasil belajar setiap mata pelajaran. Peningkatan motivasi hasil belajar dapat dilihat dari nilai hasil belajar. Pada semester ke I (satu) Tahun Pelajaran 2009/2010 hasil ulangan mata pelajaran Matematika kelas IV dari 3 kali ulangan harian menunjukan menurunnya hasil belajar siswa terhadap setiap mata pelajaran. Dari data yang ada hanya 10 orang, dari 30 siswa di kelas IV yang diprediksi hasil belajarnya menurun mencapai 70 % ke atas. Dari hal tersebut di atas penulis perlu melakukan Penelitian Tindakan Kelas dengan tujuan ingin meningkatan penguasaan hasil belajar khususnya mata pelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditentukan.

2.    Identifikasi Masalah

Dalam 3 kali tes formatif yang dilaksanakan, hanya 10 orang dari 30 siswa di kelas, yang nilai hasil belajarnya menurun mencapai 70 % ke atas pada mata pelajaran Matematika selama proses pembelajaran berlangsung jarang siswa yang mengajukan pertanyaan atau memberikan tanggapan terhadap penjelasan guru. Atas dasar tersebut di atas penulis meminta bantuan teman sejawat dan supervisor untuk mengidentifikasi kekurangan dari pembelajaran yang dilaksanakan.

Dari hasil diskusi dengan teman sejawat dan supervisor terungkap beberapa masalah yang terjadi dalam pembelajaran antara lain :
a.       Siswa tidak dapat menjawab pertanyaan guru.
b.      Kurangnya motivasi belajar dari guru.
c.       Ada anak yang tidak dapat menyelesaikan tugas.
d.      Beberapa anak lamban menyelesaikan tugas.
e.       Siswa tidak dapat menjawab pertanyaan dengan benar.
1.      Analisis Masalah

Melalui dengan teman sejawat dan supervisor diketahui bahwa faktor penyebab menurunya penguasaan materi pelajaran yang diajarkan adalah :
a.       Penyampaian materi pelajaran terlalu cepat.
b.      Penyampaian materi pelajaran terlalu abstrak
c.       Menurunya perhatian siswa
d.      Penyampaian materi pelajaran kurang rinci
e.       Pemberian tugas jarang dilakukan

B. Rumusan Masalah

Dari latar belakang dan identifikasi masalahi yang didapat kemudian merumuskan masalah perbaikan pembelajaran dengan langkah-langkah sebagai berikut :
1.      Membuat Rencana Perbaikan Pembelajaran dengan menyusun Rencana Pembelajaran 1 (RP 1) matapelajaran Matematika kelas IV dengan mengambil judul :”pemberian tugas dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV  SDN 3 Bmi Nabung Utara Kecamatan Bmi Nabung”.
2.      Meminta bantuan teman sejawat  guru SDN 3 Bmi Nabung Utara Kecamatan Bmi Nabung Kabupaten Lampung Tengah untuk mengamati proses pembelajaran dalam melaksanakan  perbaikan pembelajaran
     3.   Menentukan tahapan-tahapan pelaksanaan perbaikan

Siklus    I
     -    Memperesiapkan rencana perbaikan memilih sumber dan bahan
     -    Menentukan metode pembelajaran yang tepat dengan materi pembelajaran
     -    Membuat lembar observasi kegiatan  siswa
     -    Menetapkan waktu pelaksanaan dan menganalisa hasil pembelajaran

Siklus    II
     -   Menetapkan hal-hal yang akan diperbaiki
     -   Menyusun rencana perbaikan pembelajaran
     -   Menentukan metode pembembelajaran
     -   Menentukan strategi perbaikan pembelajaran
     -   Menganalisis data hasil pembelajaran


C. Tujuan

Dalam peningkatan motivasi hasil belajar mata pelajaran Matematika kelas IV, penulis perlu melakukan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan sistem Penelitian Tindakan Kelas. Disamping untuk memperbaiki pembelajaran penulis juga untuk memenuhi tugas dalam Mata Kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP PDGK 4501) pada Program Studi S-1 PGSD.

D.  Manfaat Penelitian perbaikan Pembelajaran.

Hasil perbaikan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap guru dan siswa dalam rangka meningkatkan minat belajar siswa.
1.    Manfaat Bagi Guru
       -  Dengan   memberikan    tugas  rumah     pada   proses   pembelajaran   akan
           membantu  terjadinya proses interaksi belajar mengajar.
-  Dengan   memberikan  tugas  rumah  pada  proses  pembelajaran membantu
    guru dalam
       -  Memperoleh  informasi  tentang  pemahaman   siswa   pada  pokok   materi
           pembelajaran.
       -  Dapat  meningkatkan  kinerja  guru,  serta  kreatifitas  dalam meningkatkan
           profesionalitas.
-        Guru dengan mudah mengamati aktivitas siswa dalam proses pembelajaran.

2.   Manfaat Bagi Siswa
-          Meningkatkan minat belajar siswa.
-          Meningkatkan keterampilan dalam memecahkan masalah.
-          Mudah memahami materi pembelajaran karena lebih terfokus

3.   Manfaat Bagi Sekolah
-          Sebagai bahan informasi terhadap guru lain dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa.
-          Sebagai perbandingan dan pertimbangan dalam pelaksanaan proses pembelajaran.
-          Terciptanya hubungan kolega yang sehat yang tumbuh dari rasa saling membutuhkan dan akan menumbuhkan iklim ksama yang kondusif untuk memajukan sekolah.

4.   Manfaat Bagi Pendidikan Secara Umum

Dapat diupayakan untuk memberikan bekal kemampuan dasar kepada siswa untuk mengembangkan kehidupannya pribadi, anggota masyarakat, warga negara, dan anggota umat manusia, serta ikut berpartisipasi dalam menyukseskan program wajib belajar 9 tahun (Pendidikan Anak di SD : 1-10, pusat penerbit UT)


0 komentar:

Posting Komentar