Laporan PKP UT
|
BAB I.
PENDAHULUAN
1.
Latar Belakang
Kegiatan belajar mengajar yang berhasil dicerminkan oleh siswa dalam
bentuk nilai hasil belajar setiap mata pelajaran. Peningkatan motivasi hasil
belajar dapat dilihat dari nilai hasil belajar. Pada semester ke I (satu)
Tahun Pelajaran 2009/2010 hasil ulangan mata pelajaran Matematika kelas IV
dari 3 kali ulangan harian menunjukan menurunnya hasil belajar siswa terhadap
setiap mata pelajaran. Dari data yang ada hanya 10 orang, dari 30 siswa di
kelas IV yang diprediksi hasil belajarnya menurun mencapai 70 % ke atas. Dari
hal tersebut di atas penulis perlu melakukan Penelitian Tindakan Kelas dengan
tujuan ingin meningkatan penguasaan hasil belajar khususnya mata pelajaran
yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditentukan.
2. Identifikasi Masalah
Dalam 3
kali tes formatif yang dilaksanakan, hanya 10 orang dari 30 siswa di kelas,
yang nilai hasil belajarnya menurun mencapai 70 % ke atas pada mata pelajaran
Matematika selama proses pembelajaran berlangsung jarang siswa yang
mengajukan pertanyaan atau memberikan tanggapan terhadap penjelasan guru.
Atas dasar tersebut di atas penulis meminta bantuan teman sejawat dan
supervisor untuk mengidentifikasi kekurangan dari pembelajaran yang
dilaksanakan.
Dari hasil diskusi
dengan teman sejawat dan supervisor terungkap beberapa masalah yang terjadi
dalam pembelajaran antara lain :
a.
Siswa tidak dapat menjawab pertanyaan guru.
b.
Kurangnya motivasi belajar dari guru.
c.
Ada anak yang tidak dapat
menyelesaikan tugas.
d.
Beberapa anak lamban menyelesaikan tugas.
e.
Siswa tidak dapat menjawab pertanyaan dengan benar.
1.
Analisis Masalah
Melalui dengan teman
sejawat dan supervisor diketahui bahwa faktor penyebab menurunya penguasaan
materi pelajaran yang diajarkan adalah :
a.
Penyampaian materi pelajaran terlalu cepat.
b.
Penyampaian materi pelajaran terlalu abstrak
c.
Menurunya perhatian siswa
d.
Penyampaian materi pelajaran kurang rinci
e.
Pemberian tugas jarang dilakukan
B.
Rumusan Masalah
Dari latar belakang dan identifikasi masalahi yang
didapat kemudian merumuskan masalah perbaikan pembelajaran dengan
langkah-langkah sebagai berikut :
1.
Membuat Rencana Perbaikan Pembelajaran dengan menyusun Rencana
Pembelajaran 1 (RP 1) matapelajaran Matematika kelas IV dengan mengambil
judul :”pemberian tugas dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 3 Bmi Nabung Utara Kecamatan Bmi Nabung”.
2.
Meminta bantuan teman sejawat guru SDN 3 Bmi Nabung Utara Kecamatan Bmi
Nabung Kabupaten Lampung Tengah untuk mengamati proses pembelajaran dalam
melaksanakan perbaikan pembelajaran
3. Menentukan tahapan-tahapan pelaksanaan perbaikan
Siklus I
- Memperesiapkan rencana perbaikan memilih
sumber dan bahan
- Menentukan metode
pembelajaran yang tepat dengan materi pembelajaran
- Membuat lembar observasi kegiatan siswa
- Menetapkan waktu pelaksanaan dan
menganalisa hasil pembelajaran
Siklus II
- Menetapkan hal-hal yang akan diperbaiki
- Menyusun rencana
perbaikan pembelajaran
- Menentukan metode pembembelajaran
- Menentukan strategi perbaikan pembelajaran
- Menganalisis data hasil pembelajaran
C. Tujuan
Dalam peningkatan motivasi hasil belajar mata pelajaran Matematika
kelas IV, penulis perlu melakukan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan
sistem Penelitian Tindakan Kelas. Disamping untuk memperbaiki pembelajaran
penulis juga untuk memenuhi tugas dalam Mata Kuliah Pemantapan Kemampuan
Profesional (PKP PDGK 4501) pada Program Studi S-1 PGSD.
D.
Manfaat Penelitian perbaikan Pembelajaran.
Hasil perbaikan ini diharapkan
dapat memberikan kontribusi terhadap guru dan siswa dalam rangka meningkatkan
minat belajar siswa.
1. Manfaat Bagi Guru
-
Dengan memberikan tugas
rumah pada proses
pembelajaran akan
membantu terjadinya proses interaksi belajar
mengajar.
- Dengan
memberikan tugas rumah
pada proses pembelajaran membantu
guru dalam
-
Memperoleh informasi tentang
pemahaman siswa pada
pokok materi
pembelajaran.
-
Dapat meningkatkan kinerja
guru, serta kreatifitas
dalam meningkatkan
profesionalitas.
-
Guru dengan mudah mengamati aktivitas siswa dalam proses pembelajaran.
2. Manfaat Bagi Siswa
-
Meningkatkan minat belajar siswa.
-
Meningkatkan keterampilan dalam memecahkan masalah.
-
Mudah memahami materi pembelajaran karena lebih terfokus
3. Manfaat Bagi Sekolah
-
Sebagai bahan informasi terhadap guru lain dalam rangka meningkatkan
hasil belajar siswa.
-
Sebagai perbandingan dan pertimbangan dalam pelaksanaan proses
pembelajaran.
-
Terciptanya hubungan kolega yang sehat yang tumbuh dari rasa saling
membutuhkan dan akan menumbuhkan iklim ksama yang kondusif untuk memajukan
sekolah.
4. Manfaat Bagi Pendidikan
Secara Umum
Dapat diupayakan untuk
memberikan bekal kemampuan dasar kepada siswa untuk mengembangkan
kehidupannya pribadi, anggota masyarakat, warga negara, dan anggota umat
manusia, serta ikut berpartisipasi dalam menyukseskan program wajib belajar 9
tahun (Pendidikan Anak di SD : 1-10, pusat penerbit UT)
|
0 komentar:
Posting Komentar