Contoh Rencana Perbaikan Pembelajaran


Rencana Perbaikan Pembelajaran  ( RPP )   II


Nama sekolah
Mata pelajaran
Kelas / Smester
Alokasi waktu
Setandar kompetensi

: SDN 3 Reno Basuki
:  ILMU pengetahuan Sosial  (IPS)
:  V / I
:  3 x 35 menit
:  1. Memahami sejarah kenampakan alam dan keragaman suku bangsa dilingkungan  kabupaten /kota propinsi

Kompetensi Dasar    :

1.5   Mengenal jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di indonesia

Indikator


      -     Menyebutkan jenis usaha perekonomian dalam masyarakat
-          Memberikan contoh usaha yang di kelola sendiri dan kelompok
-          Memberikan contoh cara menghargai kegiatan setiap orang dalam berusaha
-          Memberikan contoh kegiatan produksi distribusu dan konsumsi di indonesia
-          Membuat laporan hasil kunjungan kesalah satu produsen


I. Tujuan Perbaikan pembelajaran

Setelah selesai kegiatan pembelajaran diharapkan siswa mampu  :
memahami kegitan ekonomi di indonesia

II.  Materi  pembelajaran
    
    Kegiatan ekonomi

III. Metode pembelajaran

-      Informasi / ceramah
-      Tanya jawab
-      Demonstrasi
-      Pemecahan masalah
-      Penugasan
IV. Langkah langkah pembelajaran

1. Kegiatan awal
  
Guru menyampaikan   materi   serta   tujuan   pembelajaran  yang akan dicapai, persepsi Dengan   tanya  jawab  untuk   mengingat  kembali tentang Menghargai berbagai peninggalan dan tokoh sejarh yang berskala nasional pada masa hindu,budha,dan islam keragaman kenampakan alam, dan suku bangsa serta kegitan ekonomi di indonesia


2. Kegiatan inti

Guru menjelaskan semua materi yang disajikan kemudian siswa diajak untuk :
       - Mengidentifikasi berbagai macam jenis usaha yang ada di masyarakat
 - Menjelskan berbagai jenis usaha sendiri dan kelompok
-    Membuat uraian singkat tentang cara menghargai usaha orang lain
-   Mengidentifikasi contok kegiatan prduksi, distribusi dan konsumsi beserta tujuannya
-   Mengamati jenis usaha perekonomian yang ada di lingkungan tenpat tinggal siswa.

3. Penutup 

      -  Guru  memberikan  penegasan  tentang berbagai jenis usaha yang ada di masyarakat
-  Memberikan kesimpulan / menyimpulkan meteri yang diajarkan
-    Memberikan pengarahan dan tugas-tugas pada siswa


V.  Alat bahan dan sumber belajar  
 
-    Lingkungan tempat tinggal siswa buku IPS kls 5
-    Buku referensi yang sesuai
-    Unit kegiatan produksi yang ada di lingkungan sekitar

VI.  Penilaian

1.  Performanca (kinerja) Tes perbuatan
- Dilakukan pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung
- Penampilan siswa  saat menerima pelajaran, dan mengerjakan tugas
2.  Tes tertulis
      Kemampuan siswa saAt mengerjakan soal latihan/kegiatan dengan benar





Materi soal



Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar


  1. Tempat bertemunya antara penjual dan pembeli disebut ……………..
  2. Kelompok atau orang yang melakukan kegiatan produksi  disebut…………...
  3. Pasar yang menjual barang bekas disebut pasar ………..
  4.  Pengemudi Montir dan penjahit adalah kegiatan produksi dibidang…………
  5. Bidang usaha yang bertujuan mensejahterakan para anggotangya adalah…………

Kunci Jawaban


  1. Pasar
  2. Produsen
  3. Pasar Loak
  4. Jasa
  5. Kopprasi

Skor Nilai


No soal
Jawaban benar
sekor
1
1
2
2
1
2
3
1
2
4
1
2
5
1
2
Sekor maksimum
10
                       Sekor perolehan
 Nilai akhir =                               X 100
                      Sekor maksimum

0 komentar:

Posting Komentar