Contoh RPP Terpadu
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TERPADU
Mata Pelajaran :
1. Bahasa Indonesia
2. Matematika
3. IPA
Tema :
Tumbuhan
Kelas / Semester : I / 1
Waktu :
3 Kali Pertemuan (6 x 35 Menit)
I.
Standar Kompetensi
|
1.
Bahasa Indonesia
2.
Matematika
3.
IPA
|
=>
=>
=>
|
Menulis permulaan dengan menjiplak, menebalkan,
mencontoh, melengkapi dan menyalin.
Mengenal berbagai bangun ruang
Mengenal berbagai sifat benda dan kegunaanya melalui pengamatan
perubahan bentuk benda.
|
II.
Kompetensi Dasar
|
1.
Bahasa Indonesia
2.
Matematika
3.
IPA
|
=>
=>
=>
|
Menyalin puisi anak sederhana dengan huruf lepas
Menentukan urutan benda-benda bangun ruang sejenis
menurut besarnya.
Mengenal benda-benda yang dapat diubah bentuknya
|
III.
Indikator
|
1.
Bahasa Indonesia
2.
Matematika
3.
IPA
|
=>
=>
=>
|
Menyalin puisi anak sederhana dengan huruf lepas
- Menentukan urutan benda-benda bangun ruang sejenis menurut besarnya.
- Mengelompokkan benda-benda bangun ruang melalui alat peraga yang ada
di dalam kelas.
Menyebutkan benda-benda yang dapat diubah bentuknya
|
IV.
Pokok Materi
|
1.
Bahasa Indonesia
2.
Matematika
3.
IPA
|
=>
=>
=>
|
Puisi
Bangun Ruang
Bentuk Benda
|
V.
Media dan Sumber Belajar
1. Buku tematik 3 kelas 1
2. Alat peraga benda sekitar
3. Tabel abjad
4. Alat peraga bangun ruang
VI.
Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Tanya jawab
3. Penugasan
4. Pemecahan masalah
VII.
Kegiatan Pembelajaran
|
Tahap Pembelajaran
|
Kegiatan Siswa dan Guru
|
Waktu (dalam menit)
|
|
Pendahuluan
|
1. Apersepsi
2. Bercerita tentang Kegiatan sehari hari pada materi yang akan disajikan
3. Melakukan tanya jawab tentang kegiatan sehari-hari
|
10
|
|
Penyajian
|
1. Mencontoh dipapan tulis puisi anak sederhana dengan huruf lepas
2. Mengidentifikasi benda-benda bangun ruang melalui alat peraga yang ada
di depan kelas
3. Mengidentifikasi benda-benda yang ada dilingkungan sekitar
|
45
|
|
Penutup
|
1. Guru memberi penegasan tentang materi kegemaran yang di ajarkan
2. Memberi kesimpulan/menyimpulkan materi yang diajarkan
3. Memberikan Pekerjaan Rumah (PR) kepada siswa
|
15
|
VIII.
Evaluasi
1. Performanca (kinerja) Tes perbuatan
- Dilakukan pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung.
- Penampilan siswa membaca, mendelamasikan puisi
2. Tes Tertulis
Kemampuan siswa saat
mengerjakan soal latihan/kegiatan denga
0 komentar:
Posting Komentar