Contoh Proposal PTK
|
BAB I.
PENDAHULUAN
A.
1 Latar
Belakang
Pembelajaran yang berhasil dicerminkan oleh siswa dalam bentuk nilai
hasil belajar setiap mata pelajaran. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat
dari nilai hasil belajar. Pada semester ke I (satu) Tahun Pelajaran 2009/2010
hasil ulangan mata pelajaran IPA kelas V dari 3 kali ulangan harian
menunjukan menurunnya hasil belajar siswa terhadap setiap mata pelajaran.
Dari data yang ada hanya 11 orang, dari 37 siswa di kelas V yang diprediksi
hasil belajarnya mencapai 70 % ke atas. Dari hal tersebut di atas penulis
perlu melakukan Penelitian Tindakan Kelas dengan tujuan ingin peningkatan
penguasaan hasil belajar
2. Identifikasi Masalah
Dalam 3
kali tes formatif yang dilaksanakan, hanya 11 orang dari 30 siswa di kelas,
yang nilai hasil belajarnya menurun mencapai 70 % ke atas pada mata pelajaran
IPA selama proses pembelajaran berlangsung jarang siswa yang mengajukan
pertanyaan atau memberikan tanggapan terhadap penjelasan guru. Atas dasar
tersebut di atas penulis meminta bantuan teman sejawat dan supervisor untuk
mengidentifikasi kekurangan dari pembelajaran yang dilaksanakan.
Dari hasil diskusi
dengan teman sejawat dan supervisor terungkap beberapa masalah yang terjadi
dalam pembelajaran antara lain :
a.
Siswa tidak dapat menjawab pertanyaan guru.
b.
Kurangnya motivasi belajar dari guru.
c.
Ada anak yang tidak dapat
menyelesaikan tugas.
d.
Beberapa anak lamban menyelesaikan tugas.
e.
Siswa tidak dapat menjawab pertanyaan dengan benar.
3. Analisis Masalah
Melalui dengan teman
sejawat dan supervisor diketahui bahwa faktor penyebab menurunya penguasaan
materi pelajaran yang diajarkan adalah :
a.
Penyampaian materi pelajaran terlalu cepat.
b.
Penyampaian materi pelajaran terlalu abstrak
c.
Penggunaan metode pembelajaran yang tidak tepat
d.
Penyampaian materi pelajaran kurang rinci
e.
Pemberian tugas jarang dilakukan
B.
Rumusan Masalah
Dari latar belakang dan identifikasi masalah yang didapat
kemudian merumuskan masalah perbaikan pembelajaran dengan langkah-langkah
sebagai berikut :
1.
Membuat Rencana Perbaikan Pembelajaran dengan menyusun
Rencana Pembelajaran 1 (RP 1) mata pelajaran IPA kelas V dengan mengambil
judul :”Penggunaan metode eksperimen untuk meningkatkan pemahaman siswa pada
mata pelajaran IPA Kelas V SDN 3 Rukti
Basuki Kecamatan Rumbia”.
2.
Meminta bantuan teman sejawat guru SDN 3 Rukti Basuki Kecamatan Rumbia
Kabupaten Lampung Tengah untuk mengamati proses pembelajaran dalam melaksanakan perbaikan pembelajaran
3. Menentukan tahapan-tahapan pelaksanaan perbaikan
Siklus I
- Memperesiapkan rencana perbaikan memilih
sumber dan bahan
- Menentukan metode
pembelajaran yang tepat dengan materi pembelajaran
-
Membuat lembar observasi kegiatan
siswa
- Menetapkan waktu pelaksanaan dan
menganalisa hasil pembelajaran
Siklus II
- Menetapkan hal-hal yang akan diperbaiki
- Menyusun rencana
perbaikan pembelajaran
- Menentukan metode pembembelajaran
- Menentukan strategi perbaikan pembelajaran
- Menganalisis data hasil pembelajaran
C. Tujuan
Dalam peningkatan motivasi hasil belajar mata pelajaran IPA kelas V,
penulis perlu melakukan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan sistem
Penelitian Tindakan Kelas. disamping untuk memperbaiki pembelajaran penulis
juga untuk memenuhi tugas dalam Mata Kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional
(PKP PDGK 4501) pada Program Studi S-1 PGSD.
D.
Manfaat Penelitian perbaikan Pembelajaran.
Hasil perbaikan ini diharapkan
dapat memberikan kontribusi terhadap guru dan siswa dalam rangka meningkatkan
minat belajar siswa.
1. Manfaat Bagi Guru
-
Dengan menggunakan metode
eksperimen pada proses
pembelajaran
akan
membantu terjadinya proses
interaksi belajar mengajar.
- Dengan
menggunakan metode eksperimen pada
proses pembelajaran
membantu guru dalam memperoleh informasi
tentang pemahaman siswa
pada
pokok materi pembelajaran.
-
Dapat meningkatkan kinerja
guru, serta kreatifitas
dalam meningkatkan
profesionalitas.
- Guru dengan mudah mengamati aktivitas siswa
dalam proses pembelajaran.
2. Manfaat Bagi Siswa
-
Meningkatkan minat belajar siswa.
-
Meningkatkan keterampilan dalam memecahkan masalah.
-
Mudah memahami materi pembelajaran karena lebih terfokus
3. Manfaat Bagi Sekolah
-
Sebagai bahan informasi terhadap guru lain dalam rangka meningkatkan
hasil belajar siswa.
-
Sebagai perbandingan dan pertimbangan dalam pelaksanaan proses
pembelajaran.
-
Terciptanya hubungan kolega yang sehat yang tumbuh dari rasa saling
membutuhkan dan akan menumbuhkan iklim ksama yang kondusif untuk memajukan
sekolah.
4. Manfaat Bagi Pendidikan
Secara Umum
Dapat diupayakan untuk
memberikan bekal kemampuan dasar kepada siswa untuk mengembangkan
kehidupannya pribadi, anggota masyarakat, warga negara, dan anggota umat
manusia, serta ikut berpartisipasi dalam menyukseskan program wajib belajar 9
tahun (Pendidikan Anak di SD : 1-10, pusat penerbit UT)
|
0 komentar:
Posting Komentar