Contoh Laporan PKP


BAB  I.
  PENDAHULUAN


1.    Latar Belakang

Kegiatan belajar mengajar yang berhasil dicerminkan oleh siswa dalam bentuk nilai hasil belajar setiap mata pelajaran. Peningkatan motivasi hasil belajar dapat dilihat dari nilai hasil belajar. Pada semester ke I (satu) Tahun Pelajaran 2009/2010 hasil ulangan mata pelajaran Matematika kelas V dari 3 kali ulangan harian menunjukan menurunnya hasil belajar siswa terhadap setiap mata pelajaran. Dari data yang ada hanya 10 orang, dari 30 siswa di kelas V yang diprediksi hasil belajarnya menurun mencapai 70 % ke atas. Dari hal tersebut di atas penulis perlu melakukan Penelitian Tindakan Kelas dengan tujuan ingin peningkatan motivasi penguasaan hasil belajar khususnya mata pelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditentukan.

2.    Identifikasi Masalah

Dalam 3 kali tes formatif yang dilaksanakan, hanya 11 orang dari 30 siswa di kelas, yang nilai hasil belajarnya menurun mencapai 70 % ke atas pada mata pelajaran Matematika selama proses pembelajaran berlangsung jarang siswa yang mengajukan pertanyaan atau memberikan tanggapan terhadap penjelasan guru. Atas dasar tersebut di atas penulis meminta bantuan teman sejawat dan supervisor untuk mengidentifikasi kekurangan dari pembelajaran yang dilaksanakan.

Dari hasil diskusi dengan teman sejawat dan supervisor terungkap beberapa masalah yang terjadi dalam pembelajaran antara lain :
a.       Siswa tidak dapat menjawab pertanyaan guru.
b.      Kurangnya motivasi belajar dari guru.
c.       Ada anak yang tidak dapat menyelesaikan tugas.
d.      Beberapa anak lamban menyelesaikan tugas.
e.       Siswa tidak dapat menjawab pertanyaan dengan benar.

1.      Analisis Masalah

Melalui dengan teman sejawat dan supervisor diketahui bahwa faktor penyebab menurunya penguasaan materi pelajaran yang diajarkan adalah :
a.       Penyampaian materi pelajaran terlalu cepat.
b.      Penyampaian materi pelajaran terlalu abstrak
c.       Menurunya perhatian siswa
d.      Penyampaian materi pelajaran kurang rinci
e.       Pemberian tugas jarang dilakukan

B. Rumusan Masalah

Dari latar belakang dan identifikasi masalahi yang didapat kemudian merumuskan masalah perbaikan pembelajaran dengan langkah-langkah sebagai berikut :
1.      Membuat Rencana Perbaikan Pembelajaran dengan menyusun Rencana Pembelajaran 1 (RP 1) mata pelajaran Matematika kelas V dengan mengambil judul :”Penggunaan alat peraga model make a mctch dalam pembalajaran untuk menanamkan konsep  mengalikan berbagai bentuk pecahan Kelas V  SDN 1 Gaya Baru II Kecamatan Seputih sura Baya”.
2.      Meminta bantuan teman sejawat  guru SDN 1 Gaya Baru II Kecamatan Seputih sura Baya Kabupaten Lampung Tengah untuk mengamati proses pembelajaran dalam melaksanakan  perbaikan pembelajaran
     3.   Menentukan tahapan-tahapan pelaksanaan perbaikan

Siklus    I
     -    Memperesiapkan rencana perbaikan memilih sumber dan bahan
     -    Menentukan metode pembelajaran yang tepat dengan materi pembelajaran
     -    Membuat lembar observasi kegiatan  siswa
     -    Menetapkan waktu pelaksanaan dan menganalisa hasil pembelajaran

Siklus    II
     -   Menetapkan hal-hal yang akan diperbaiki
     -   Menyusun rencana perbaikan pembelajaran
     -   Menentukan metode pembembelajaran
     -   Menentukan strategi perbaikan pembelajaran
     -   Menganalisis data hasil pembelajaran


C. Tujuan

Dalam peningkatan motivasi hasil belajar mata pelajaran Matematika kelas V, penulis perlu melakukan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan sistem Penelitian Tindakan Kelas. Disamping untuk memperbaiki pembelajaran penulis juga untuk memenuhi tugas dalam Mata Kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP PDGK 4501) pada Program Studi S-1 PGSD.

D.  Manfaat Penelitian perbaikan Pembelajaran.

Hasil perbaikan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap guru dan siswa dalam rangka meningkatkan minat belajar siswa.
1.    Manfaat Bagi Guru
       -  Dengan   memberikan    tugas  rumah     pada   proses   pembelajaran   akan
           membantu  terjadinya proses interaksi belajar mengajar.
-  Dengan   memberikan  tugas  rumah  pada  proses  pembelajaran membantu
    guru dalam
       -  Memperoleh  informasi  tentang  pemahaman   siswa   pada  pokok   materi
           pembelajaran.
       -  Dapat  meningkatkan  kinerja  guru,  serta  kreatifitas  dalam meningkatkan
           profesionalitas.
Guru dengan mudah mengamati aktivitas siswa dalam proses pembelajaran.

0 komentar:

Posting Komentar