Kumpulan Skripsi


BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN


1.        Diskripsi persiklus

Berikut ini hasil observasi terhadap siswa yang menjawab soal test formatif yang diberikan, test yang dimaksud adalah test yang ada dalam setiap Rencana Perbaikan Pembelajaran di setiap siklus.

Siklus pertama tanggal 11  Mei  2010  Mata Pelajaran Matematika  kelas IV
Jumlah soal test 5 :
Dari 30 siswa terdapat 14 anak (47 %) menjawab semua soal dengan benar (100 %), 10 anak (35,3 %) menjawab sebagian besar benar (75 %) 4 anak (11,7 %) menjawab sebagian benar sebagian salah (50 %) dan 2 anak (6 %) menjawab sebagian kecil benar (25 %).

Siklus kedua tanggal 18 Mei  2010 Mata Pelajaran Matematika kelas IV
Jumlah soal test 5 :
Dari 30 siswa terdapat 19 anak(76,5%) menjawab semua soal dengan benar (100 %), 6 anak (11,75 %) menjawab sebagian besar benar (75 %), 4 anak (11,7 %) menjawab soal sebagian benar (50 %).
Sedangkan,

Siklus pertama tanggal 12 Mei  2010  perbaikan pembelajaran PKn  Kelas IV Jumlah soal test 5 :
Dari 30 siswa terdapat 16 anak (52,9 %) menjawab semua soal dengan benar (100 %). 9 anak (29,3 %) menjawab sebagian besar benar (75 %), 4 anak (17,7  %) menjawab soal sebagian benar       (50 %).

Siklus kedua tanggal 19 Mei  2010   Perbaikan Pembelajaran PKn Kelas  IV,
       Jumlah soal test 5 :
Jumlah soal test 5 :
Dari 30 siswa terdapat 24 anak (76,4 %) menjawab semua soal dengan benar (100 %), 4 anak (17,6 %) menjawab soal sebagian besar benar (75 %) dan 2  anak (6 %) menjawab soal sebagian benar (50 %).

Dari siklus pembelajaran untuk Mata Pelajaran Matematikakelas IV dan Mata Pelajaran PKn  Kelas IV dapat penulis simpulkan bahwa motivasi dapat meningkatkan hasil pembelajaran Matematika kelas IV dan PKn kelas IV pada khususnya dan mata pelajaran lain pada umumnya di SDN 3 Bumi Nabung Utara Kecamatan Bumi Nabung Kabupaten Lampung Tengah.

Berikut ini adalah data kolektif hasil test/tingkat penguasaan materi pelajaran Mata Pelajaran Matematika kelas IV dan PKn kelas IV SDN 3 Bumi Nabung Utara Kecamatan Bumi Nabung Kabupaten Lampung Tengah (lembar berikutnya)





















Pembahasan dari tiap siklus

Berdasarkan hasil diskusi dengan teman sejawat dan supervisor pembelajaran yang dilaksanakan sudah menunjukkan peningkatan, hal ini ditunjukkan dengan adanya siswa yang semakin meningkat hasil belajarnya, dengan demikian merupakan sebagai bukti adanya motivasi peningkatan hasil belajar dapat diterima dengan baik.

Pada pembelajaran Siklus Pertama dapat diketahui melalui gambaran hasil atau nilai yang diperoleh siswa sebagai berikut.
Pembelajaran Matematika kelas IV, dari 30 siswa terdapat 14 anak (44,1 %) menjawab semua soal dengan benar (100 %), 11 anak menjawab soal sebagian besar benar (75 %), 3 anak (11,7 %) menjawab soal sebagian benar (50 %), 2 anak (6 %) menjawab soal sebagian kecil benar (25 %).

Pembelajaran PKn  kelas IV , dapat gambaran sebagai berikut dari 30 siswa terdapat 16 anak (52,9 %) menjawab semua soal dengan benar (100 %), 12 anak (29,4 %) menjawab sebagian soal benar (75 %) dan  2 anak (17,7 %) menjawab soal sebagian benar (50 %).

Pada pembelajaran Siklus Kedua dapat diperoleh gambaran sebagai berikut. Pembelajaran Matematika kelas V, dapat gembaran sebagai berikut dari 30 siswa terdapat 26 anak (76,5 %) menjawab semua soal dengan benar (100 %), 4 anak menjawab soal sebagian benar (50 %).

Pada perbaikan pembelajaran Materi Pelajaran IPS Kelas IV diperoleh, diperoleh gambaran sebagai berikut dari 30 siswa terdapat 22 anak (76,4 %) menjawab  semua soal dengan benar (100 %), 6 anak (17,6 %) menjawab soal sebagian besar benar (75 %) dan 2 anak (6 %) menjawab soal sebagian benar (50 %).

Perbaikan yang yang terjadi dalam pembelajaran adalah guru menerapkan perbaikan pembelajaran dalam pemberian tugas rumah meningkatkan hasil pembelajaran baik dalam Mata Pelajaran Matematuka kelas IV maupun Mata Pelajaran PKn kelas IV, hal ini ditunjukkan dengan adanya perubahan tingkat kemampuan siswa, dalam menjawab test formatif yang ditugaskan. Berdasarkan deskripsi di atas dapat dilihat perubahan seperti tabel berikut :


Tabel 2 : Perubahan Motivasi Peningkatan Hasil Belajar Pelajaran Matematika Kelas IV SDN 3 Bumi Nabung Utara Kecamatan Bumi Nabung dari 2 siklus
  


No
Jawaban Benar
Matematika
Siklus 1
Siklus 2
Banyak anak
Persen %
Banyak anak
Persen %
1
81%-100%
14
47
22
76,5
2
61%-80%
10
35,3
4
11,75
3
21%-60%
6
17,7
4
11,75
Jumlah
30
100
30
100











Tabel 2 : Perubahan Motivasi Peningkatan Hasil Belajar Kelas IV
                SDN 3 Rukti Basuki Kecamatan Rumbia selama 2 siklus     


No
Jawaban Benar
PKn
Siklus 1
Siklus 2
Banyak anak
Persen %
Banyak anak
Persen %
1
81%-100%
16
52,9
21
76,4
2
61%-80%
8
29,4
7
17,6
3
21%-60%
6
17,7
2
6
Jumlah
30
100
30
100
           
Dari tabel tersebut di atas diperoleh gambaran bahwa perbaikan pembelajaran yang dilaksanakan memperoleh hasil yang positif, yaitu adanya perubahan tingkat hasil belajar materi pelajaran bagi siswa sekolah dasar namun tidak menutup kemungkinan tetap masih terdapat kekurangan yang perlu dilengkapi.

0 komentar:

Posting Komentar