Kumpulan Skripsi
|
BAB
IV
HASIL
PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
1.
Diskripsi persiklus
Berikut ini hasil observasi terhadap siswa yang menjawab soal test
formatif yang diberikan, test yang dimaksud adalah test yang ada dalam setiap
Rencana Perbaikan Pembelajaran di setiap siklus.
Siklus pertama tanggal 11 Mei 2010
Mata Pelajaran Matematika kelas
IV
Jumlah soal test 5 :
Dari 30 siswa terdapat 14 anak (47 %) menjawab semua soal dengan benar
(100 %), 10 anak (35,3 %) menjawab sebagian besar benar (75 %) 4 anak (11,7
%) menjawab sebagian benar sebagian salah (50 %) dan 2 anak (6 %) menjawab
sebagian kecil benar (25 %).
Siklus kedua tanggal 18 Mei 2010 Mata
Pelajaran Matematika kelas IV
Jumlah soal test 5 :
Dari 30 siswa terdapat 19 anak(76,5%) menjawab semua soal dengan benar
(100 %), 6 anak (11,75 %) menjawab sebagian besar benar (75 %), 4 anak (11,7
%) menjawab soal sebagian benar (50 %).
Sedangkan,
Siklus pertama tanggal 12 Mei 2010 perbaikan pembelajaran PKn Kelas IV Jumlah soal test 5 :
Dari 30 siswa terdapat 16 anak (52,9 %) menjawab semua soal dengan
benar (100 %). 9 anak (29,3 %) menjawab sebagian besar benar (75 %), 4 anak
(17,7 %) menjawab soal sebagian
benar (50 %).
Siklus kedua tanggal 19 Mei 2010 Perbaikan Pembelajaran PKn Kelas IV,
Jumlah soal test 5 :
Jumlah soal
test 5 :
Dari 30
siswa terdapat 24 anak (76,4 %) menjawab semua soal dengan benar (100 %), 4
anak (17,6 %) menjawab soal sebagian besar benar (75 %) dan 2 anak (6 %) menjawab soal sebagian benar (50
%).
Dari siklus
pembelajaran untuk Mata Pelajaran Matematikakelas IV dan Mata Pelajaran
PKn Kelas IV dapat penulis simpulkan
bahwa motivasi dapat meningkatkan hasil pembelajaran Matematika kelas IV dan
PKn kelas IV pada khususnya dan mata pelajaran lain pada umumnya di SDN 3
Bumi Nabung Utara Kecamatan Bumi Nabung Kabupaten Lampung Tengah.
Berikut ini
adalah data kolektif hasil test/tingkat penguasaan materi pelajaran Mata
Pelajaran Matematika kelas IV dan PKn kelas IV SDN 3 Bumi Nabung Utara
Kecamatan Bumi Nabung Kabupaten Lampung Tengah (lembar berikutnya)
Pembahasan dari tiap
siklus
Berdasarkan hasil diskusi dengan teman
sejawat dan supervisor pembelajaran yang dilaksanakan sudah menunjukkan
peningkatan, hal ini ditunjukkan dengan adanya siswa yang semakin meningkat
hasil belajarnya, dengan demikian merupakan sebagai bukti adanya motivasi
peningkatan hasil belajar dapat diterima dengan baik.
Pada pembelajaran Siklus
Pertama dapat diketahui
melalui gambaran hasil atau nilai yang diperoleh siswa sebagai berikut.
Pembelajaran Matematika kelas
IV, dari 30 siswa terdapat
14 anak (44,1 %) menjawab semua soal dengan benar (100 %), 11 anak menjawab
soal sebagian besar benar (75 %), 3 anak (11,7 %) menjawab soal sebagian benar
(50 %), 2 anak (6 %) menjawab soal sebagian kecil benar (25 %).
Pembelajaran PKn kelas IV , dapat gambaran sebagai berikut dari 30 siswa terdapat 16 anak
(52,9 %) menjawab semua soal dengan benar (100 %), 12 anak (29,4 %) menjawab
sebagian soal benar (75 %) dan 2 anak
(17,7 %) menjawab soal sebagian benar (50 %).
Pada pembelajaran Siklus Kedua dapat diperoleh gambaran sebagai
berikut. Pembelajaran Matematika
kelas V, dapat gembaran
sebagai berikut dari 30 siswa terdapat 26 anak (76,5 %) menjawab semua soal
dengan benar (100 %), 4 anak menjawab soal sebagian benar (50 %).
Pada perbaikan pembelajaran Materi Pelajaran IPS Kelas IV diperoleh,
diperoleh gambaran sebagai berikut dari 30 siswa terdapat 22 anak (76,4 %)
menjawab semua soal dengan benar (100
%), 6 anak (17,6 %) menjawab soal sebagian besar benar (75 %) dan 2 anak (6
%) menjawab soal sebagian benar (50 %).
Perbaikan yang yang terjadi dalam pembelajaran adalah guru
menerapkan perbaikan pembelajaran dalam pemberian tugas rumah meningkatkan hasil
pembelajaran baik dalam Mata Pelajaran Matematuka kelas IV maupun Mata
Pelajaran PKn kelas IV, hal ini ditunjukkan dengan adanya perubahan tingkat
kemampuan siswa, dalam menjawab test formatif yang ditugaskan. Berdasarkan
deskripsi di atas dapat dilihat perubahan seperti tabel berikut :
Tabel 2 :
Perubahan Motivasi Peningkatan Hasil Belajar Pelajaran Matematika Kelas IV
SDN 3 Bumi Nabung Utara Kecamatan Bumi Nabung dari 2 siklus
Tabel 2 : Perubahan Motivasi Peningkatan
Hasil Belajar Kelas IV
SDN 3 Rukti Basuki Kecamatan Rumbia selama 2 siklus
Dari tabel tersebut di atas diperoleh gambaran bahwa perbaikan
pembelajaran yang dilaksanakan memperoleh hasil yang positif, yaitu adanya
perubahan tingkat hasil belajar materi pelajaran bagi siswa sekolah dasar
namun tidak menutup kemungkinan tetap masih terdapat kekurangan yang perlu
dilengkapi.
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
0 komentar:
Posting Komentar